Thursday, May 15, 2008

Mencetak Dokumen dari Halam Akhir ke Pertama

Dalam hal mencetak dokumen, setting-an printer pada umumnya mencetak dari halaman pertama ke halaman akhir. Settingan ini tentunya tidak ada masalah jika halaman yang dicetak hanya dua atau tiga halaman saja karena akan dengan mudah kita mengurutkan halam dari awal hingga akhir. Yang menjadi persoalan adalah bila jumlah halaman yang ingin dicetak tergolong banyak (misalnya 45 halaman). Jika setting-an printer kita adalah seperti yang disebutkan di atas, maka tentunya akan repot dan makan banyak waktu untuk mengurutkan kembali halaman demi halaman. Nah, bila terjadi masalah seperti ini, kita bisa mengatur settingan printer kita agar urutan hasil halaman cetakan berurutan sehingga kita tidak perlu lagi mengaturulangnya.
Berikut cara pengaturan printernya. Pertama-tama silahkan buka file/dokumen yang ingin dicetak. Selanjutnya tekan Ctrl+P. Pada jendela printer silahkan pilih Option, maka akan muncul jendela seperti di bawah ini:
Gambar 1. Print Dialog

Gambar 2. Print Option

Setelah muncul jendela print option (Gambar 2), centang atau beri tanda cek seperti tanda lingkaran di Gambar 2 di atas. Nah setelah itu klik ok. Maka selesailah settingan-nya. Selanjutnya silahkan print data anda dan lihatlah hasilnya.
Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Ezy, 15/05/08

0 komentar:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template